Selasa, 06 Agustus 2013

PROMIX (segala hewan ternak)

nutrisi ternak organik probiotik, herbal, acidifier pengurai bahan pakan ternak kotoran ternak tidak bau

PROMIX adalah nutrisi ternak organik untuk segala jenis ternak merupakan kombinasi yang ideal antara probiotik, herbal serta acidifier dengan bahan carrier CaCO3 yang mana semuanya mempunyai fungsi tersediri. Nutrisi ini cocok diberikan kepada ternak unggas, ruminansia, kelinci dan lain-lain.

Probiotik yang digunakan anatara lain :
               .          Bifidobacterium bifidum
·          Bifidobacterium longum
 ·         Lactobacillus acidophilus
 ·         Streptococcus faecalis
 ·         Actinomycetes
 ·         Penicillium sp
 ·         Saccharomyces cerevisiae
 ·         Aspergillus niger
 ·         Yeast
 ·         Dengan carier berupa CaCo­3 sampai 100%
fungsinya adalah memproduksi enzim pengurai bahan pakan ternak baik enzim amilase yang memecah karbohidrat, enzim lipase yang memecah lemak dan enzim protease yang memecah protein sehingga apapun pakan ternak yang digunakan akan lebih banyak terserap oleh tubuh ( TDN naik= Total digesty Nutrient naik )  dan  effesiensi pakan akan bertambah dan FCR ( Feed Convertion Ratio) akan ditekan. 

Probiotik yang ada tiap 1 gram PROMIX terdapat  jutaan s/d milyaran sel bakteri dan microbia, sehingga mampu membantu pemecahan karbohidrat, lemak dan protein dalam waktu yang lebih singkat.  Jadi, pada saat harus keluar sebagai feses betul-betul hanya sisa pakan yang ada saja yang terbuang, maka kotoran ternak menjadi tidak berbau.
Herbal yang ada secara total adalah herbal yang mengandung Curcumin, bahan metabolit sekunder dari Temulawak dan kunyit yang dari berbagai penelitian terbukti meningkatkan nafsu makan, serta mengandung Zingiberon dan gingeron yang terdapat dalam Zingiber officinale (jahe) yang berfungsi meningkatkan stamina tubuh seta berkhasiat sebagai fitobiotik yang efektif  (antibiotik alami yang berasal dari tumbuhan). Antibiotik berguna meningkatkan kekebalan tubuh hewan ternak terhadap penyakit sehingga bisa mengurangi kematian ternak. 

Ramuan rempah-rempah dari jamu-jamuan jawa tersebut sangat berguna untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan stamina dan mempercepat penggemukan, sehingga ternak makin sehat dan makin tahan terhadap serangan penyakit.

Acidifier merupakan asam organik yang bermanfaat dalam preservasi dan memproteksi pakan dari perusakan oleh mikrobia dan fungi namun juga berdampak langsung terhadap mekanisme perbaikan kecernaan pakan pada ternak

Carrier  CaCO3 merupakan carrier yang dipilih, kandungan Ion Ca+ nyaterbukti berpengaruh terhadap metabolisme tubuh khususnya dalam pembentukan hemoglobinatau sel darah merah, sehingga bila kondisi peredaran darah baik maka ternak akan sehat. Ion Ca+ juga berfungsi untuk pertumbuhan tulang, paruh dan gigi serta kerabang telur, sehingga bila PROMIX diberikan akan membuat kerabang telur makin kuat dan tidak mudah rapuh/memperkuat cangkang telur.
Promix dikompisisikan berbentuk powder untuk mendapatkan microbial dengan ketahanan yang optimal dan lebih lama. Karena kondisi microbial secara alami apabila disimpan dalam media cair akan mengalami penurunan kualitas (turunan cell number/viability).

Manfaat Promix :
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Meningkatkan stamina
  • Memprcepat penggemukan
  • Meningkatkan TDN (Total Digestible Nutrient)
  • Menurunkan FCR (Feed Convertion Ratio)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap stress
  • Mengurangi bau tidak sedap pada kotoran 

 Cara Penggunaan Promix
  • Pada ransum pakan ternak
Tambahkan ± 2 Kg Promix/ton pakan ternak (berikan tiap hari)
  • Pada air minum ternak
Tambahkan 10 gr Promix/ liter air (berikan 2 hari 1 kali)
  • Pada kotoran ternak
Taburkan Promix diatas gundukan kotoran kandang secara merata, sehinga mikroba yang ada akan membantu mempercepat proses dekomposisi, sehingga kotoran tidak bau dan lebih siap jadi pupuk kandang

Informasi lengkap, kunjungi website kami www.peternakansolo.com.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar